Menu Close

Apa sih Sequencer Musik Itu? Apakah Itu Cara Anda Membuat Beats? Membingungkan sih ya?

 

Saya tahu ini sulit untuk dijelaskan dengan mudah jadi mari kita lakukan seperti ini. Kebanyakan pembuat ketukan mulai dari 4/4 dengan default kuantisasi 1/16. Ini berarti bahwa untuk setiap bilah musik, bilah tersebut dibagi menjadi 4 bagian kecil, dan di masing-masing dari 4 bagian tersebut, ada 4 slot yang terbuka untuk memasukkan suara ke dalam kisi.

Jadi satu bar memiliki ruang untuk 16 suara (4/4 pada 1/16) yang dimainkan dalam ‘urutan’ satu demi satu sepanjang garis waktu. Jika Anda mengisi semua 16 slot, Anda hanya akan memiliki pengulangan yang terdengar seperti senapan mesin. Jika Anda menempatkan suara di setiap slot keempat, Anda akan mendapatkan bunyi musik house (dengan asumsi Anda menggunakan suara drum)…

Sekarang bayangkan salah satu ‘batang’ ini duduk di tumpukan 16 lapisan batang di antarmuka tempat Anda mengontrol setiap lapisan dan batang, dan semuanya saling tumpang tindih.

Jadi setiap lapisan memiliki 16 slot sendiri per batang – dan setiap lapisan memiliki suaranya sendiri. Satu layer bisa menjadi kick drum, dan layer berikutnya bisa menjadi snare atau highhat.

Sekarang bayangkan jika pada masing-masing slot online terpercaya dari 16 lapisan tersebut Anda dapat membuka panel terpisah di mana Anda mendapatkan 10 lapisan lagi untuk bilahnya, ini umumnya dikenal sebagai drum kit, di mana ada kumpulan 10 (atau lebih/kurang sesuai rentang per perangkat lunak) suara yang saling melengkapi dengan baik.

Drum kit ini adalah satu bar, pada satu lapisan, tetapi memiliki 10 lapisan di dalamnya – jadi secara total Anda memiliki 16 slot yang bergerak secara horizontal (kuantisasi ke-1/16), dan 10 lapisan secara vertikal (10 suara per kit). Itu memberi Anda kisi 160 tempat untuk menempatkan suara, dan ketika Anda mengaturnya dengan benar, dan memilih tempo yang tepat, Anda dapat mencapai hampir semua musik yang Anda inginkan dengan drum kit.

Sekarang bayangkan 10 suara drum sebagai suara LAIN, bukan drum tetapi efek suara, alarm, sampel, goresan cepat, suara beatbox, dll. Anda dapat mulai melihat betapa serbagunanya pola grid ini.

Jika Anda bingung, inilah rekapnya – Anda memiliki 16 lapisan di antarmuka utama Anda. Pada setiap lapisan Anda menempatkan sebuah bar, di setiap bar Anda memiliki 10 lapisan lagi.

Antarmuka utama hanya bertindak sebagai cangkang untuk sebagian besar sequencer, dan begitu Anda menempatkan bilah ke lapisan mana pun, dan menetapkan kit Anda, saat itulah Anda membuka drum atau panel instrumen dan mulai membuat pola Anda.

Jadi secara teknis, jika Anda mengisi 16 lapisan dengan drum kit, Anda memiliki 160 lapisan untuk dikerjakan. Kedengarannya seperti MUD jika Anda melakukan ini tanpa menjadi pintar dengan pola Anda, namun itu menunjukkan kemungkinan hanya lapisan drum kit.

Sequencer juga menggunakan simulasi keyboard, di mana alih-alih memiliki ‘kit’ dengan 10 suara/lapisan, ‘bar’ Anda membuka panel keyboard dan kali ini Anda memiliki 16 slot, dan 4 oktaf untuk digunakan.

Secara matematis ini sangat besar, dan kisi-kisi berubah menjadi 12 x 4 (12 tuts per oktaf, 4 oktaf) = 48 tuts x 16 (1/16 quantizing = 16 spot per note) = 768 spot di grid Anda untuk SATU bar saja. Sekali lagi ini adalah dengan kisi-kisi menjadi 16 titik secara horizontal, dan 48 titik secara vertikal sekarang dengan satu skala nada per masing-masing dari 48 ‘lapisan’.

Dengan sequencer Anda biasanya dapat menggambar dalam 2 bar sekaligus, atau 4 atau 8 atau sebanyak yang Anda inginkan, dan ketika Anda membuka panel grid akan terlihat gila dan tidak mudah untuk dikerjakan.

Inilah sebabnya mengapa sebagian besar produser suka bekerja dengan 1-2 potongan bar sekaligus dan mengaturnya dalam pola yang menarik untuk chorus/verse/chorus2/verse2/bridge/outro/etc.

Jadi keyboard, tidak seperti panel drum, memicu suara yang sama, dan menskalakannya ke atas dan ke bawah kunci, seperti synth/piano yang sebenarnya. Jika Anda menetapkan suara instrumen atau merekamnya sendiri pada nada C dan mengimpornya, Anda juga dapat memanipulasinya pada skala seperti piano nyata, termasuk sharp dan flat.

Ini juga berarti Anda dapat menetapkan suara DRUM, bukan KITS, tetapi suara individual ke kunci Anda. Jadi, alih-alih memilih kategori ‘piano’, dan menelusuri suara piano sampai Anda menemukan yang Anda sukai, Anda menggulir melalui kit drum (sebagai kategori) dan memilih drum yang ingin Anda naikkan atau turunkan pada keyboard. Beginilah cara evil drop dan build up dilakukan, di mana Anda mendengar snare menjadi gila membangun dan menjatuhkan di pitch atau memanjat di pitch sampai ketukan utama turun, atau hanya dikenal sebagai ‘complex fill’.

Saat Anda menggabungkan kedua fitur bersama-sama:

Anda mendapatkan kisi 16 lapisan dan setiap lapisan dapat berupa trek drum, ATAU trek keyboard. Anda dapat menggunakan suara drum pada pad ATAU pada keyboard untuk mengubah nadanya. Dan Anda dapat menetapkan instrumen/suara keyboard seperti piano dan saksofon ke bantalan drum juga.

Pada dasarnya Anda dapat menukar kit antar panel, mengimpor suara Anda sendiri ke SALAH SATU bagian dari sebagian besar aps, dan membuat kit Anda sendiri dari drum atau instrumen atau suara atau goresan atau sampel apa pun yang Anda inginkan!

JAHAT!

Satu-satunya yang tersisa, dan pada dasarnya apa yang membuat atau menghancurkan sebagian besar pembuat ketukan dan pengurut suara – adalah kit suara default yang disertakan dengan stasiun kerja audio Anda. Meskipun Anda bisa mendapatkan VST dan Anda dapat mengimpor kit Anda sendiri atau bahkan membelinya, itu hampir sama pada akhirnya – Anda memiliki grid, Anda memilikinya